Billboard Ads

Billboar ads here

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu alasan para blogger masih tetap eksis di dashboard blogger saat tengah malam. Pagi menulis, siang menerbitkan, malam optimasi. Agar website atau blog, maupun laman artikel terus eksis di halaman hasil penelusuran mesin pencari, dibutuhkan strategi dan teknik SEO yang tepat. Setelah Anda berhasil menciptakan sebuah situs web untuk usaha/bisnis, Anda harus menguasai teknik SEO.

Anda harus paham dasar SEO agar menduduki peringkat terbaik di halaman search engine. Panduan SEO pemula ini secara bertahap akan mempublikasikan konsep dasar SEO agar Anda secara teratur dapat memahami dan menerapkannya di blog atau situs web Anda.

Sebagai pemula, awalnya saya merasa tidak perlu dan tidak mau tahu tentang SEO. Ternyata SEO itu rumit, setelah banyak membaca panduan di sana-sini.

Di artikel ini, saya akan memandu Anda untuk memahami SEO secara bertahap. Anda akan belajar SEO mulai dari dasar. Saya tidak menjanjikan Anda akan mahir mengoptimasi mesin pencari setelah belajar tuntas tentang SEO di artikel ini. Paling tidak, setelah menuntaskan panduan bertahap ini Anda akan mengerti bagaimana menerapkannya untuk blog Anda.

Mulai dari panduan SEO dasar…

Setelah menuntaskan bahasan ini, lanjutkan membaca tahap selanjutnya, bahasan SEO On-Page: Mengoptimalkan SEO dalam Halaman dan Konten Blog

Di dalam artikel panduan ini Anda akan mempelajari SEO secara bertahap, teratur sampai Anda mampu mengaplikasikannya untuk blog Anda. Panduan SEO untuk pemula ini akan sangat bermanfaat jika Anda tidak melewatkan satu pun materi di dalamnya. Jika sudah mengerti dan giat mempelajari tentang SEO sebelumnya, Anda akan bisa mendalami SEO hingga mahir mengoptimasi blog maupun situs web untuk bisnis sekali pun.

Pengertian SEO dan bagaimana cara kerja mesin pencari 

Pahami lebih dalam tentang apa itu SEO dan bagaimana cara kerja SEO. 

Kita mulai dengan pengertian SEO oleh sejuta umat.

Search Engine Optimization (SEO) atau lebih dikenal dengan optimasi mesin pencari adalah proses perbaikan atau optimasi situs web atau blog atau lebih khusus lagi terhadap halaman web agar memperoleh posisi yang baik di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERPs). 

Kalau kata saya, mesin pencari itu sudah ada yang mengoptimasi, kemudian kita ‘lah (sebagai pengguna/pemilik blog) membuatnya ramah terhadap website atau blog maupun konten yang telah kita muat di dalamnya. 

Begini… 

Kita yang mengoptimasi blog yang kita punya agar sejalan dengan mesin pencari yang telah dibuat dan dioptimasi oleh penciptanya. Kita menginginkan robot mesin pencari (dalam hal ini googlebot) agar mau merayapi blog kita. Tentu dengan menyiapkan apa saja yang dibutuhkan googlebot tersebut agar ia takluk dan tunduk, sehingga blog atau khususnya konten yang ada di dalam blog kita dipilih dan ditampilkan ke dalam halaman hasil penelusurannya.

Ada miliaran orang di seluruh dunia yang mencari informasi menggunakan mesin mencari. Oleh karena itu mesin pencari mampu mendatangkan ribuan orang ke blog Anda setiap hari. Berbeda dengan media sosial, tentu hanya segelintir follower saja atau jika Anda memasang iklan berbayar (hanya orang-orang tertarget) yang akan mengunjunginya.

Tak cukup sampai di situ… 

Karena mesin pencari memakai robot untuk merayapi jutaan bahkan miliaran situs maupun blog, robot tersebut akan mengirimkan pengunjung dengan kualitas tinggi. Bila Anda menjual produk atau jasa lewat website, kemungkinan besar yang akan membeli produk atau jasa Anda tersebut hanyalah orang-orang yang berasal dari mesin pencari. Karena mereka dengan sadar mencari produk yang akan dibeli, dengan cara mengetikkan kata kunci (nama barang/jasa) dimaksud.

Mesin pencari punya algoritma tersendiri untuk memberi urutan berdasarkan ranking tertentu pada website atau blog. Bekerja dengan cara menugaskan robot untuk merayapi website atau blog yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna sehingga mesin pencari dapat menyajikan hasil pencarian yang relevan dengan kata atau frasa yang diketikkan di kolom pencarian.

Dari penjelasan tersebut, kita jadi tahu fungsi mesin pencari itu sendiri ada dua: 1) merayapi atau merambah, dan 2) membangun indeks basis data hasil perayapan yang paling relevan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna untuk disajikan ke laman hasil penelusuran.

Tugas Anda sekarang ialah menyampaikan informasi paling berkualitas di dalam blog yang Anda miliki agar mesin pencari menempatkannya ke dalam hasil penelusuran (karena relevan dengan kata kunci pencarian).

Pentingkah SEO untuk blog saya?

SEO sangat mempengaruhi proses peningkatan rangking situs web atau blog di mesin pencari. Makanya, panduan SEO dasar ini ditulis agar Anda bisa memutuskan untuk menerapkan teknik SEO ini ke dalam blog atau website milik Anda.

Sebagai pengingat...

Anda tidak harus belajar SEO apalagi menguasainya kalau jenis website Anda tidak mementingkan trafik dari mesin pencari, atau memang tidak pernah dicari lewat mesin pencari. Yang paling penting adalah website maupun blog yang muncul di laman pertama dan urutan nomor satu pada halaman hasil pencarian akan mendapat klik lebih banyak. Itu artinya akan ada peningkatan trafik luar biasa pada situs web atau blog Anda.

Jadi, kesimpulannya apakah website atau blog yang Anda miliki dan kelola saat ini membutuhkan trafik dari mesin pencari? jika jawabannya, Ya, lanjutkan optimasi mesin pencari untuk situs web maupun blog Anda agar punya pondasi SEO yang kuat.

Pada tahap berikutnya Anda akan mengenal dan mempelajari komponen-komponen utama perihal SEO dan apa saja komponen di dalam website yang harus dioptimasi agar ramah terhadap mesin pencari.
Ditulis oleh