Beberapa Pilihan Niche Blog yang Ramai Pengunjung - Ompian Langsung ke konten utama

Beberapa Pilihan Niche Blog yang Ramai Pengunjung

Niche Blog Paling Populer dan Ramai Pengunjung
Aktivitas ngeblog alias blogging menjadi sangat menyenangkan bagi mereka yang menyukainya. Hal ini memang hanya bisa dirasakan oleh orang yang menekuni blog dengan menulis konten sesuai minat dan ketertarikannya. Pemilihan niche blog potensial dengan topik populer yang selalu ramai pengunjung adalah alasan mereka masih bertahan dan konsisten mengelola dan menulis di blog.

Namun tidak semua blogger merasakan hal yang sama, ada kalanya blog yang kita kelola sepi pengunjung disebabkan oleh kesalahan menentukan topik atau pun niche yang kalah populer serta tak punya pasar yang besar untuk menarik pembaca. 

Niche blog yang populer pun belum tentu cocok jika minat dan ketertarikan Anda bukan pada niche yang dipilih. Pemilihan niche blog potensial yang selalu ramai pengunjung tidak akan berarti jika hanya menerbitkan sepuluh konten (postingan), lalu vakum lantaran kehabisan ide menulis postingan. Inilah permasalahan yang sering terjadi pada blogger pemula. Blogger pendatang baru akan mencari tahu niche blog populer, tapi mereka tidak menguasai topiknya.

Jalan pintasnya ya membeli atau memesan artikel dari jasa penulisan artikel yang tersebar di internet.

Setidaknya ada 3 keuntungan yang diperoleh jika memilih niche blog populer:

1. Selalu ramai pengunjung (audiens)
Jika Anda menargetkan niche yang kurang populer, itu mungkin dapat membuat blog menjadi yang terbaik di target pasar (pembaca) blog Anda, tetapi tidak ada cukup banyak orang yang tertarik dengan topik tersebut.

Jika ini terjadi, Anda pada dasarnya hanya membuang waktu untuk membangun blog.

Beda ceritanya jika blog Anda membidik niche populer seperti teknologi, keuangan, berita selebriti, perjalanan, desain web, pemasaran, fotografi, dll. Target pembaca niche tersebut sudah ada alias sudah terbentuk dan terbukti selalu ramai pengunjung jika menyediakan konten yang tepat.

2. Potensi penghasilan tak terbatas
Jika Anda memiliki audiens di topik yang tepat, peluang penghasilan yang Anda dapatkan juga akan datang dari segala bentuk.

Bisa melalui penjualan ruang iklan, mempromosikan produk afiliasi, menjual produk atau layanan Anda sendiri, meluncurkan member area di blog untuk dapat mengakses konten premium, menerbitkan konten bersponsor, dan masih banyak lagi. Ada banyak jenis potensi pendapatan ketika Anda memiliki audiens yang tepat, dan jika Anda mampu menarik audiens yang besar, potensi itu benar-benar tidak terbatas.

3. Meningkatkan otoritas blog dan tautan balik
Dalam niche blog populer, Anda tidak akan kekurangan tautan dari luar yang kemungkinan merujuk ke situs web atau blog Anda. Dengan menerbitkan konten yang tepat, bermanfaat serta dapat menyelesaikan permasalahan pembaca, itu akan berpotensi membangun sejumlah besar tautan berkualitas ke blog Anda.

Tautan tersebut bisa berasal dari tautan dalam konten yang relevan, dari postingan sebuah forum, postingan tamu yang Anda tulis untuk blog lain, maupun dari pembaca Anda yang membagikan postingan Anda melalui media sosial.

Niche blog populer dan potensial untuk membuat konten evergreen

Konten evergreen itu jenis konten tertentu yang menarik bagi pembaca dan akan selalu dicari, konten evergreen akan selalu menarik dan relevan dibaca kapan saja, bahkan bisa dikatakan akan tetap bertahan (dicari) sepanjang masa. Jika Anda ingin mendatangkan trafik blog yang stabil untuk masa depan bahkan meningkat serta menempati peringkat terbaik di mesin pencari, publikasikan konten evergreen yang sesuai dengan niche website/blog Anda.

Salah satu contoh konten evergreen yang pernah saya tulis adalah artikel tentang cara mengganti template blogger. Anda bisa praktikkan, mencoba menuliskan panduan lain yang berisi tutorial atau tips dan trik sesuai niche blog Anda.

Sejauh ini, ada 2 tema besar terkait niche blog populer yang sangat saya rekomendasikan untuk Anda. Saya jamin blog Anda akan mendapatkan banyak pengunjung jika tetap konsisten dan rutin menulis terkait topik ini.

Niche Bisnis yang lebih spesifik

Jika Anda seorang blogger yang memiliki pengalaman atau ketertarikan di bidang bisnis, Anda bisa mulai menerbitkan artikel blog yang bertemakan bisnis dan entrepreneurship. Niche blog populer satu ini paling laku dan disukai pembaca. Topik terkait bisnis memang selalu menarik perhatian siapa saja, tak terkecuali para warganet. Lantaran banyak orang ingin berbisnis, membuat niche blog bisnis ini selalu dicari guna mendapatkan informasi, strategi maupun kiat sukses berbisnis yang bisa mereka pelajari untuk dipraktikkan.

Karena topik seputar bisnis sangatlah luas, Anda bisa mengeksplorasi niche satu ini supaya jadi lebih spesifik.

Bisnis rumahan, misalnya. Konten yang berisi panduan menghasilkan uang tanpa harus keluar rumah sangat populer selama bertahun-tahun sehingga lebih banyak orang memilih untuk menjalankan usaha dari rumah. Ini tidak terlepas dari semakin meningkatnya penetrasi pengguna internet, khususnya di Indonesia.

Tapi ingat, semakin spesifik topik blog Anda, semakin sedikit situs web atau blog yang akan membahas topik terkait. Tanpa adanya blog lain yang mempunyai pasar yang sama dengan blog Anda, akan sangat sulit untuk membangun tautan dari situs yang relevan (link building).

Niche Kesehatan

Setiap manusia pasti akan selalu mengalami masalah kesehatan. Orang-orang akan mencari tahu setiap detil permasalahan dan mencari penyebab sesuai dengan ciri-ciri yang mereka alami melalui mesin pencari, sebelum benar-benar memeriksakannya ke dokter. Sodorkan kepada mereka artikkel kesehatan yang bermanfaat, baik itu seputar penampilan hingga mengenai penyakit yang sedang diderita. Niche blog tentang kesehatan yang Anda tulis semestinya mampu dipertanggungjawabkan dan memberi manfaat kesehatan untuk pembaca.

Oleh karena itu, niche kesehatan tentu sangat direkomendasikan untuk Anda gunakan jika ingin blog cepat terkenal dan selalu ramai pengunjung. Tapi, sebelumnya seperti yang saya singgung di atas, Anda perlu mempertimbangkan hal ini dengan matang dan yakin betul jika Anda benar-benar mengerti tentang kesehatan. Karena jika informasi yang Anda berikan tidak akurat, bisa saja membahayakan nyawa para pembaca blog Anda.

Akhir kata, sekali lagi saya tekankan bahwa ada beberapa niche blog potensial yang bisa dipilih dan terapkan pada blog yang Anda kelola. Untuk itu, pilihlah niche blog yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada perkembangan blog Anda ke depannya.
Artikel pilihan

Lanjut baca artikel ini

Komentar

  1. Terimakasih atas informasinya, saya baru mulai ngeblog, alhamdulillah dapat pencerahan dari artikel ini

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas infonya. Saya sudah delapan bulan ngeblog dengan niche jodoh dan relationship, tapi trafik sangat rendah. Apakah niche tersebut tak diminati, atau ada yang salah salah dengan cara saya ngeblog? Mohon pencerahan

    BalasHapus

Posting Komentar