Fitur dan Trik Tersembunyi Google Chrome yang Jarang Diketahui - Ompian Langsung ke konten utama

Fitur dan Trik Tersembunyi Google Chrome yang Jarang Diketahui

Google Chrome menjadi salah satu peramban (browser) paling populer di dunia, setidaknya sampai saat ini. Dalam urusan kerja sebagai pengumpul harga pasar, saya memanfaatkan fitur kalkulator di Google Chrome untuk menghitung persentase kenaikan harga barang kebutuhan pokok.

Hanya dengan mengisi angka-angka di bilah address (alamat) browser Chrome, kita sudah bisa mendapatkan hasilnya. Lihat gambar di bawah ini:
Google Chrome sebagai kalkulator
Kalkulator Google Chrome

Kalau Anda dalam keadaan urgent, harus menghitung angka-angka yang rumit dalam waktu cepat, coba manfaatkan saja Google Chrome sebagai kalkulator. Caranya sama seperti memakai kalkulator pada umumnya, pun sama seperti saat Anda mencari sesuatu lewat Google Chrome. Ketik saja "kalkulator" pada peramban Chrome, Anda akan diarahkan pada fitur kalkulator yang disediakan oleh Google.
Fitur kalkulator yang disediakan Google
Fitur lengkap kalkulator Google

Itulah salah satu fitur tersembunyi yang disediakan Google melalui browser Chrome, belum lagi fitur dan trik rahasia lainnya yang jarang orang ketahui. Maka, di artikel ini Anda akan mengetahui apa saja trik tersembunyi Google Chrome yang selama ini belum pernah Anda pakai sebelumnya.

Selain kalkulator, ada beberapa fitur menarik yang disediakan browser Google Chrome,

Fitur yang disediakan Google Chrome

Google Doodle

Google secara rutin melakukan perubahan pada halaman mesin pencari mereka. Setiap kali memperingati peristiwa penting dan merayakan hari kelahiran tokoh terkenal Google akan mengubah gambar di laman pencarian yang disebut Google Doodle. Sampai saat ini Google Doodle telah menciptakan lebih dari 4.000 doodle dan menjadi salah satu ikon dari beranda google.com di seluruh dunia.

Game Dinosaurus

Jangan remehkan sang dino kecil yang muncul di browser Google Chrome pada saat kuota internet Anda habis, atau ketika Anda menunggu situs web/blog yang tak kunjung terbuka. Kalau dinosaurus muncul di layar peramban, coba klik di mana saja pada space layar untuk mengajak dinosaurus bermain dengan Anda.

Fitur task manager di Google Chrome

Google Chrome juga menyediakan fitur task manager yang bisa Anda akses di melalui peramban. Dengan caranya mengeklik kanan pada bilah tab --tepatnya pada bagian kosong-- kemudian pilih (klik) task manager.
Fitur task manager di Google Chrome

Di sana Anda bisa memperhatikan penggunaan CPU, Jaringan hingga pemrosesan. Anda juga bisa memakai cara pintas dengan perintah Shift + Esc pada keyboard.

Unit converter

Selain sebagai kalkulator, Anda juga bisa memanfaatkan Google Chrome sebagai alat penghitung jarak atau satuan. Ketik saja berapapun jumlah jarak atau satuan yang ingin di-convert. Misalnya dengan kata kunci "1 km berapa m", atau lebih ringkas "1km = m".

Trik Tersembunyi Google Chrome

Setelah mengenal fitur menarik yang bisa Anda temukan di Chrome, kini kita akan memakai trik rahasia di Google Chrome untuk mendapatkan fitur tersembunyi yang sekiranya bermanfaat dan sewaktu-waktu mungkin akan berguna.

Mengembalikan tab yang tertutup di Google Chrome

Jika Anda tidak sengaja menutup tab di Google Chrome padahal masih membutuhkannya, trik Google Chrome satu ini pasti akan berguna. Anda bisa mengembalikan tab yang tertutup pada browser Chrome dengan cara mengeklik kanan di bagian bar atas yang kosong atau pada tombol plus (+) dan pilih (klik) "Reopen Closed Tab". Cara pintasnya dengan menekan Ctrl + Shift + T.

Pengunduhan paralel di Google Chrome

Bagi pengguna Internet Download Manager (IDM), mungkin Anda sudah bisa menebak apa itu pengunduhan paralel (parallel downloading). Dengan trik Google Chrome ini, peramban akan membuat beberapa koneksi untuk mengunduh satu file dalam beberapa bagian. Dengan menggunakan cara ini, kecepatan unduhan akan meningkat secara keseluruhan bila dibandingkan dengan unduhan biasa.
Pengunduhan Paralel di Google Chrome

Anda bisa mengaktifkannya dengan cara:
  1. Buka halaman "chrome://flags" dengan mengetiknya pada kolom url;
  2. Pada halaman bendera (flags) Google Chrome, ketik "parallel" di kotak pencarian untuk menampilkan pengaturan unduhan paralel;
  3. Lalu klik Default dan pilihan menu drop-down, kemudian pilih Enable/Aktifkan.
Itulah beberapa fitur menarik dan trik rahasia di Google Chrome yang jarang orang ketahui. Semoga bisa membantu Anda dalam menjelahi dunia daring lewat browser Chrome. Jika ada trik lain dengan fitur bermanfaat yang Anda ketahui, silakan cantumkan di kolom komentar. Dengan senang hati saya akan menambahkannya ke dalam daftar pada artikel ini.
Artikel pilihan

Lanjut baca artikel ini

Komentar

Posting Komentar