Cara Kerja Mesin Pencari yang Harus Anda Ketahui - Ompian Langsung ke konten utama

Cara Kerja Mesin Pencari yang Harus Anda Ketahui

Komponen dan Cara Kerja Mesin Pencari
Sebelum melangkah lebih jauh belajar optimasi Search Engine Optimization (SEO), sebagai seorang pemula ada baiknya kita belajar memahami cara kerja mesin pencari terlebih dahulu. Pada artikel ini, Anda akan mengetahui tugas utama search engine, komponen dan cara kerja mesin pencari secara singkat.

Bagi pemula yang ingin belajar SEO, penting untuk memahami bagaimana mesin pencari seperti Google bekerja. Untuk setiap kata kunci pencarian, ada ribuan, bahkan jutaan halaman web dengan informasi yang berpotensi relevan.

Bagaimana cara kerja mesin pencari?

Beruntunglah, sekarang kita punya perpustakaan terlengkap di dunia tanpa harus berkendara dengan motor atau mobil untuk berkunjung ke sana.

Saya ingin menyimpulkannya secara singkat mengenai cara kerja mesin pencari.

Setiap mesin pencari menggunakan rumus matematika kompleks yang berbeda untuk menghasilkan hasil pencarian. Hasil untuk permintaan tertentu kemudian ditampilkan di SERP. Algoritma mesin pencari mengambil elemen kunci dari halaman web, termasuk judul halaman, konten dan kepadatan kata kunci (mungkin), dan kemudian muncul dengan hasil yang sesuai peringkat halaman menurut 'hitung-hitungan' Google.

Agar lebih mudah dipahami, Google telah menyusun panduan yang sangat bagus yang merincikan panduan belajar untuk blogger atau webmaster yang mengelola blog, How Search Works dan ada juga video hebat yang bisa Anda tonton, begini pemaparan tentang "bagaimana mesin pencari bekerja" oleh Matt Cutts:



Saya tidak bisa membayangkan, bagaimana caranya menemukan konten/artikel menarik di internet tanpa adanya mesin pencari. Waktu kita akan terbuang percuma untuk mengontak satu per satu pemilik (kalau mengenal) untuk sekadar tanya alamat situs web atau blog mereka.

Banyak blogger, termasuk saya menganggap mesin pencari sebagai sebuah pasar yang besar. Google secara terbuka menulis tentang cara kerja penelusuran yang dilakukan Google. Sistem peringkat Google mengurutkan ratusan miliar halaman dan memberikan hasil yang berguna dan relevan kepada pengguna dalam sekejap.

Tidak hanya Google sebagai raksasa mesin pencari, penyedia search engine lainnya seperti, Yahoo!, Bing, Yandex, dan lain sebagainya secara umum juga melakukan hal yang sama.

Tugas utama mesin pencari

Mulai dari aktivitas perayapan menggunakan crawler web untuk mengelola informasi, hingga menyediakan dan menampilkan konten paling relevan sesuai kata kunci pencarian kepada pengguna di halaman hasil penelusuran.

Memahami cara kerja mesin pencari terutama Google adalah hal utama yang harus Anda lakukan sebelum mengoptimalkan blog agar SEO friendly (ramah terhadap mesin pencari).

Pertanyaannya sekarang adalah,

Bagaimana cara kerja mesin pencari untuk menilai lalu menampilkan hasilnya sesuai kata kunci paling relevan yang dicari oleh pengguna? Terlebih lagi, bagaimana mungkin robot search engine bisa menentukan peringkat situs web yang satu lebih baik (muncul di halaman pertama) dan relevan dibandingkan situs web atau blog yang lain.

Crawling (perayapan) dan pengindeksan

Mesin pencari Google punya robot khusus perayap atau crawler web yang diberi nama Googlebot. Crawler web akan mengumpulkan informasi dari ratusan miliar dan mengelolanya di indeks penelusuran.

Untuk menilai relevansi sebuah situs web atau blog yang dicari pengguna, crawler akan memeriksa halaman dan mengikuti setiap tautan yang ada di halaman tersebut. Kemudian Googlebot (crawler) akan mengirimkan data yang didapat dari peyarapan halaman tersebut ke server Google.

Jadi saat mengetikkan sebuah kata kunci pada kolom pencarian Google, sebenarnya data tersebut sudah mengantri di dalam halaman indeks (database) Google. Ketika Anda menekan tombol enter (mulai pencarian), mesin pencari akan menampilkan hasil paling relevan untuk Anda.

Sistem yang dimiliki Google akan merender setiap konten/halaman dari setiap kata kunci yang Anda masukkan. Makanya, membidik atau riset keyword itu sangat penting bagi penulis blog saat menulis artikel. Google akan mencatat setiap kata kunci yang di-crawl oleh Googlebot, kemudian mengelola informasi yang didapat ke dalam halaman indeks penelusuran.

Algoritma mesin pencari

Algoritma adalah metode yang dilakukan oleh mesin pencari Google untuk memilih konten di dalam database mereka (indeks Google). Mesin pencari hanya "melihat" teks pada halaman web dan menggunakan struktur HTML yang mendasarinya untuk menentukan relevansi terhadap istilah pencarian dengan konten yang ada di halaman yang telah diindeks.

Oleh karena itu, sulit untuk membangun website yang menggunakan basis Flash ramah terhadap mesin pencari; dan para pakar SEO juga sepakat bahwa situs web atau blog dengan Flash cenderung tidak akan punya peringkat setinggi situs yang dikembangkan dengan HTML dan CSS yang dikembangkan dengan baik. Jika istilah pencarian tidak muncul dalam teks situs web Anda (berbasis flash), akan sangat sulit untuk mendapatkan peringkat tinggi di SERPs (halaman hasil pencarian mesin pencari).

Utamakan kualitas konten/artikel untuk pembaca

Algoritma masing-masing mesin pencari sangatlah unik, sehingga peringkat teratas di Yahoo! tidak menjamin peringkat yang menonjol di mesin pencari Google, begitu juga sebaliknya. Selain itu, algoritma yang digunakan oleh mesin pencari tidak hanya rahasia yang dijaga ketat, tetapi mereka juga terus memodifikasi dan melakuan revisi atau update algoritma. Tidak ada yang tahu pasti kapan dan seperti apa perubahan dan cara kerja mesin pencari khususnya algoritma Google.

Yang pasti, Google selalu mengutamakan pengguna search engine mereka dengan memberikan hasil (konten/artikel) yang bermanfaat dan paling sesuai dengan apa yang pengguna cari. Hal ini secara tidak langsung memberi pesan kepada pemilik blog atau situs web agar mengutamakan kualitas konten/artikel untuk pembaca, bukan hanya untuk mesin pencari.

Perubahan apa pun yang dilakukan mesin pencari Google adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna, dengan ekspektasi dapat menyelesaikan masalah setiap pengguna yang menggunakan mesin pencari mereka. Google setiap saat berupaya memperbarui algoritma atau cara kerja mesin perayap dan tidak segan-segan melakukan penghapusan konten dari halaman indeks penelusuran Google.
Artikel pilihan

Lanjut baca artikel ini

Komentar

  1. Terima kasih atas kunjungannya. Saya Asep. Blogger pontianak. Untuk urusan SEO saya masih awam, dan masih belajar. Sejauh ini dari kerja keras nerapkan SEO juga masih belum maksimal. DA saya 23, dan PA 31. DA saya rurun 2 ringkat. Sebelumnya 25 Saya akan terapkan Ilmu SEO dari blog ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yang mestinya belajar banyak dari pak Asep. Apa yang saya tulis di blog ini juga masih berasal dari pengalaman, segala macam pertanyaan yang saya ajukan dahulu saat masih belajar ngeblog, saya tulis jawabannya di sini.

      Terima kasih sudah menyempatkan waktu berkunjung ke blog saya dan menanggapi artikel ini 🙏

      Hapus

Posting Komentar