Cara Menonaktifkan Tayangan Halaman Sendiri dalam Statistik Blogger - Ompian Langsung ke konten utama

Cara Menonaktifkan Tayangan Halaman Sendiri dalam Statistik Blogger

Menonaktifkan Tayangan Halaman Sendiri dalam Statistik Blogger
Hampir semua pemilik situs web selalu mengecek statistik blog mereka setiap kali masuk ke halaman dashboard. Anda perlu menonaktifkan tayangan halaman sendiri agar tidak terhitung dalam statistik blogger yang Anda kelola.

Untuk layanan blogging milik Google, Blogger.com versi tahun pembaruan 2017 ke atas, tampilan statistik tayangan halaman blog sudah berubah. Banyak fitur yang diperbarui sehingga data yang disuguhkan jadi lebih informatif dan mudah dimengerti. Tapi sangat disayangkan, tidak adanya pilihan bagi pengelola atau pemilik blog untuk menonaktifkan fungsi statistik yang menghitung tayangan halaman sendiri. 

Terlepas dari masalah tersebut, saya akui keputusan Blogger menambahkan sebuah tombol menuju ke halaman Google Analytic pada bagian bawah laman statistik sudah sangat tepat. Kita tidak perlu sibuk lagi menambah tab baru di browser untuk membuka akun analytic blog.

Sedikit penjelasan mengenai laman statistik Blogger.com versi baru.

Ketika pertama kali membuka halaman statistik blogspot, kita akan menjumpai informasi terkait tayangan blog untuk semua periode bahkan statistik blog bulan lalu, baik periode bulanan, harian, maupun mingguan.
Statistik Blog Ompian
Statistik Blog Ompian
Pada bagian bawahnya kita bisa melihat jumlah tayangan halaman untuk postingan terbaru, ubah periode untuk menampilkan grafik statistik blog sesuai periode yang diinginkan, dengan cara mengeklik menu naik turun (drop down) yang berada di sebelahnya.

Jika setelan pelacakan tayangan halaman tidak dinonaktifkan, ketika Anda membuka dan merefresh halaman situs web/blog, tayangan Anda sendiri akan masuk dalam penghitungan statistik.

Pada tampilan baru halaman statistik Blogger.com kita tidak dapat menonaktifkan atau mematikan fitur tayangan halaman sendiri secara langsung di halaman tersebut, seperti pada dashboard blogger versi sebelumnya. Menurut hemat saya, menonaktifkan fungsi tayangan halaman sendiri di dashboard blogger adalah cara terbaik mengetahui seberapa banyak blog Anda ditayangkan tanpa menghitung tayangan yang dilakukan oleh pemilik blog itu sendiri. 

Dengan kata lain, statistik hanya akan mencatat tayangan halaman dari pembaca blog, tidak termasuk Admin/pengelola blog. Jadi statistik yang ditampilkan lebih nyata karena admin blog itu sendiri tidak masuk dalam hitungan.

Menonaktifkan tayangan halaman sendiri di statistik Blogger

Ada 2 cara menonaktifkan tayangan halaman sendiri di statistik Blogger:
  1. Kembali ke versi Blogger klasik
  2. Membuka setelan pelacakan secara manual

Kembali ke Blogger klasik

Login ke akun Blogger.com
Pada halaman dashboard, pilih blog yang akan dikelola.
Klik bagian statistik
Pada bilah kiri bawah, Anda akan menemukan pilihan untuk kembali ke Blogger klasik (lihat gambar di bawah)
Opsi Kembali ke Blogger klasik
Tunggu beberapa saat, pastikan Anda masih berada di halaman statistik.

Pada bagian statistik penayangan, di bawahnya ada tautan Mengelola pelacakan tayangan halaman Anda sendiri

Anda akan dialihkan ke halaman ini:
Opsi Nonaktifkan Tayangan Halaman Sendiri dalam statistik Blogger
Setelah halaman setelan pelacakan terbuka, centang pada pilihan Jangan lacak tayangan saya untuk blog ini.

Selesai.

Membuka setelan pelacakan secara manual

Cara kedua ialah dengan membuka langsung halaman setelan pelacakan lewat tautan. Silakan salin tautan ini https://ompian.blogspot.com/b/statsCookieManage dan tempel ke dalam bilah alamat pada browser. Ganti ompian.blogspot.com dengan nama blog Anda, baik itu blogspot gratisan maupun custom domain yang dihosting di Blogger.com.

Apabila langkah di atas sudah dilakukan, tayangan oleh Anda sendiri tidak akan masuk penghitungan pada statistik Blogger.
Artikel pilihan

Lanjut baca artikel ini

Komentar

  1. Wah, info bagus nih, di saya kok menu "kembali ke blogger klasik" gak ada. Untung ada cara manualnya, thnx

    BalasHapus
  2. Saya biasanya membookmark halaman setelan pelacakan, saat masum ke blog langsung mematikan pelacakan tayangan sendiri.

    BalasHapus
  3. Bijak sekali, itu benar lebih baik di non aktifkan tayangan sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak dinonaktifkan, saya merasa tertipu dengan statistik blog. Tiap refresh dan balik lagi ke dashboard selalu ada saja penambahan angkanya.

      Hapus
  4. dulu waktu saya pakai blogger, juga menonaktifkan satistik atas view sendiri. ternyata versi baru ga bisa lagi ya, harus balik ke klasik dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Harus balik ke versi Blogger klasik dulu.

      Hapus

Posting Komentar