Teknik Menulis Kalimat Pembuka Artikel Blog yang Menarik - Ompian Langsung ke konten utama

Teknik Menulis Kalimat Pembuka Artikel Blog yang Menarik

Saya yakin Anda pasti setuju dengan pendapat yang mengatakan judul artikel adalah hal pertama yang dilihat audiens di halaman hasil pencarian dengan kata kunci yang mereka cari. Tetapi saya tidak yakin, judul bisa membuat mereka membaca artikel blog sampai selesai.

Saya ingin Anda mengetahui informasi ini dan Anda mendapat manfaat dari materi kita kali ini. Lanjutkan membaca!

Tahukah Anda...,

Ada ratusan artikel blog yang diterbitkan setiap harinya. Bagaimana cara memastikan bahwa postingan blog Anda berisi pembahasan lengkap tentang apa yang dicari audiens sehingga mereka tetap berada di blog Anda dan membaca postingan blog sampai selesai?

Anda bisa saja menulis artikel yang bagus, tetapi jika kalimat pembukanya tidak menarik, pembaca tidak akan membacanya sampai selesai.

Di artikel ini saya akan menunjukkan teknik menulis kalimat pembuka artikel blog yang menarik. Dengan mengetahui teknik ini, akan sangat mudah menerapkannya pada setiap postingan blog.

Tidak hanya blogger, bahkan penulis fiksi, copywriter, penulis skenario, dan penulis surat lainnya menggunakan teknik ini untuk memancing audiens/pembaca agar betah atau meneruskan bacaanya sampai habis.

Salah satu alasan saya menulis postingan ini supaya teman-teman/blogger penulis artikel tidak lagi bertanya apa alasan artikel blognya tidak ada yang baca. 

Untuk itu, sediakan 3,5 menit waktu Anda untuk melahap habis isi artikel ini. 

Coba perhatikan setiap konten di platform media sosial berbasis video (bukan hanya blog/tulisan), seperti TikTok, Instagram Video, Youtube, dan teman-temannya. Apa yang membuat Anda menontonnya sampai selesai? 

Menarik perhatian audiens/pembaca!

Teknik itulah yang akan kita pelajari pada bahasan kali ini.

Menarik perhatian audiens dalam beberapa detik pertama.

atau...

Kalau dalam dunia kepenulisan, kita akan mengadopsi teknik ini tepatnya pada kalimat atau pun paragraf awal postingan blog.  

3 elemen utama yang harus dimiliki paragraf pembuka artikel blog

Satu hal yang saya pelajari selama ngeblog adalah bahwa menerapkan teknik pembukaan paragraf pertama dalam menulis postingan blog sangatlah penting. Ada 3 elemen penting yang harus ada dalam kalimat pembuka postingan blog yang bagus, antara lain:

1. Hook

Inilah yang membuat pembaca tertarik membaca artikel blog Anda. Buatlah kalimat yang spesifik, singkat, dan menarik pada paragraf pembuka. Teknik ini punya tugas sebagai kait (hook) untuk memancing pembaca agar tertarik membaca lebih lanjut artikel blog Anda. 

Kalimat pertama ini akan menarik audiens untuk membaca seluruh paragraf pembuka postingan blog Anda.

Kalimat pembuka artikel blog harus benar-benar menunjukkan ketertarikan Anda pada masalah yang dibahas, serta kesamaan pendapat antara Anda sebagai penulis dengan pembaca. 

2. Transisi

Hook punya tugas untuk menarik perhatian pembaca, selanjutnya mengarahkan pembaca ke transisi. Transisi biasanya berupa kalimat yang mengaitkan hook ke badan tulisan (isi konten) dan memperjelas judul artikel.

3. Tesis

Elemen terakhir dari pengantar adalah tesis. Tesis bertugas untuk merangkum topik dan memperkuat alasan mengapa pembaca harus melanjutkan membaca seluruh isi artikel. Tugas lain dari tesis ialah merangkum pembahasan dari seluruh isi artikel.

Teknik pembuka kalimat ini juga diterapkan oleh Neil Patel, dan para blogger terpopuler di dunia.

Anda harus memastikan bahwa kalimat pertama menarik perhatian pembaca dan menahannya untuk membaca sampai akhir artikel.

Berikut adalah beberapa formula yang sudah terbukti bagus dan ampuh untuk membuat kalimat pertama artikel blog Anda menjadi sangat menarik.

Ajukan pertanyaan kepada pembaca

Ini adalah cara mudah untuk mendapatkan perhatian pembaca dan membuat mereka terlibat di dalamnya. Cara ini tidak butuh usaha keras. 

Misalnya, jika menulis artikel tentang harta kekayaan milyader di Indonesia, Anda dapat membukanya dengan pertanyaan: "Apakah Anda tahu bahwa kekayaan 4 orang terkaya di Indonesia setara dengan kekayaan 100 juta penduduk miskin?"

Mengapa formula ini bekerja?

... rasa ingin tahu!

Ketika manusia tertarik dengan sebuah pertanyaan, misalnya, rasa ingin tahu mereka menyala. Karena itu pula mengapa Anda ingin terus membaca artikel ini— paling tidak masih sangat bermanfaat sampai Anda menemukan titik pada paragraf ini, untuk memuaskan rasa ingin tahu.

Itulah sebabnya pertanyaan adalah kalimat pembuka yang bagus. Anda bahkan dapat menggunakan pertanyaan sebagai judul artikel.

Bercerita

Otak manusia juga menyala ketika bertemu sebuah cerita.

Bagian-bagian tertentu dari otak pembaca akan aktif ketika mereka berpikir bahwa aktivitas mental dan fisiknya sama dengan yang dilakukan karakter dalam sebuah cerita.

Apalagi jika Anda membukanya dengan kisah nyata.

Cerita atau kisah nyata membuat para pembaca artikel blog Anda tertarik dan membuat mereka membacanya sampai akhir.

Sampaikan dengan cara yang unik. Saya tahu menjadi unik (satu-satunya) tidaklah mudah.

Cara mudahnya... sampaikan emosi kepada pembaca 

Ketika kita menyampaikan emosi ke dalam tulisan kita, orang cenderung merespons. Selain itu, emosi juga merupakan hal yang unik dan pribadi.

Gunakan kutipan yang menarik perhatian

Cara hebat lainnya untuk menulis kalimat pembuka artikel Anda adalah dengan menggunakan kutipan yang menarik perhatian audiens. 

Katakanlah Anda menulis artikel tentang perjalanan dunia. Cara yang bagus untuk menulis kalimat pembuka artikel adalah dengan kutipan dari tokoh terkemuka, dsb. untuk memicu imajinasi para pembaca. 

Mengetuk imajinasi adalah cara instan untuk menarik perhatian pembaca.

Bagikan fakta menarik

Pada zaman ketika internet begitu sesak, penuh dengan informasi yang tidak bermutu, hoax, misleading, orang-orang tidak peduli itu. Skeptis.

Tugas Anda sebagai penulis artikel adalah memberi tahu pembaca tentang kebenaran. 

Membuka artikel Anda dengan fakta atau statistik yang relevan adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan dan otoritas dari kalimat pertama artikel.

Pada kalimat pembuka, beritahu pembaca bahwa Anda telah melakukan penelitian.

Tetap sederhana dan ringkas

Kita hidup di dunia di mana kebanyakan orang memiliki rentang perhatian hanya beberapa detik saja. Anda tidak dapat mengubah rentang perhatian pendek orang-orang dengan menulis kalimat pembuka yang panjang, sehingga butuh rentang perhatian yang lebih lama. 

Jika Anda ingin pembaca meluangkan waktu mereka untuk membaca apa yang Anda katakan, pastikan Anda menyajikan sesuatu sesederhana dan seringkas mungkin.

Penting untuk menghargai waktu dan perhatian pembaca blog Anda. Artikel yang lebih panjang, tentu saja, perlu diperkenalkan lebih lama.

Jangan bertele-tele!

Setelah ini, jangan sia-siakan kesempatan Anda untuk mempelajari teknik lain yang masih berkaitan dengan artikel ini, strategi ampuh menulis artikel blog yang menarik dan disukai pembaca

Kembali ke atas!

Trik jitu dan mudah jika Anda bingung menulis kalimat pembuka artikel blog adalah dengan cara gulirkan dan pilih salah satu dari beberapa teknik yang saya sebutkan di atas.
Artikel pilihan

Lanjut baca artikel ini

Komentar

  1. Meghna Sharma, Fesyen Desainer, Sumateraaa Utaraaaa

    Halah saya kok jadi terngiang opening number Puteri Indonesia

    Tapi memang kalimat pembuka atau opening adalah salah satu hal yang paling krusial dalam sebuah blog layaknya opening number.

    Saya sepakat dengan kutipan yang menarik tapi tetap ringkas dan sedikit mengajak pembaca mulai sedikit masuk dalam inti tulisan.
    Fakta menarik juga bisa dijadikan pilihan karena seringkali orang akan terus membaca isi blog kita kalau ada pengetahuan baru dan bisa jadi ia akan berkunjung kembali ke blog kita

    ulasan yang menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaget!

      Ini orang kenapa ya?

      Saya kira komentar Anda salah server, eh rupanya dibuka dengan kalimat yang bikin orang mau lanjut baca 😁

      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus

Posting Komentar